Inspiratif! Peternak Ini Sukses Kembangkan Kambing Perah Berkualitas

Kisah inspiratif tentang peternak sukses mengembangkan kambing perah sudah banyak di Indonesia. Fokus utama dari kambing jenis ini adalah susunya, baik dari sisi produksi, kualitas, rasa, dan cara untuk budidaya.

Contoh nyata yang sudah sukses dalam peternakan produk susu kambing adalah Mas Yanto, peternak dari Lurisae Farm Desa Kebon Gunung, Purworejo, Jawa tengah. Tidak hanya berfokus pada jenis perah, melainkan sudah melebarkan sayap ke jenis kambing mini.

Pada Januari 2021, Mas Yanto sudah membudidaya kambing jenis perahan sekitar 50 ekor. Salah satu jenisnya adalah Sapera, yang berasal dari peranakan dua kambing jenis perah. Persilangan kedua kambing itu bukan tanpa pertimbangan. Mas Yanto sudah mempertimbangkan kelebihan antara Saanen dan Etawa.

Menurutnya, Saanen mempunyai produksi susu yang sangat banyak, sedangkan Etawa punya susu yang kental dan enak. Sehingga peranakan keduanya menghasilkan susu jumlah banyak yang sangat enak. Dengan kata lain, antara kuantitas dan kualitasnya seimbang.


Jenis Kambing Perah yang Menguntungkan untuk Peternakan

Banyak sekali jenis kambing untuk tujuan produksi susu di dunia. Mulai dari Saanen, Etawa, Sapera, Alpin, dan Anglo Nubian. Berikut ini penjelasan masing-masing jenis tersebut.


1. Kambing Saanen

Kelebihan kambing ini, sebagaimana yang diungkapkan oleh Mas Yanto adalah produksi susu sangat banyak. Ambing susu kambing Saanen lebih besar daripada Etawa lokal Indonesia. Saanen berasal dari pegunungan Swiss, terkenal dengan produksi susunya yang melimpah.


2. Kambing Etawa

Jenis kedua adalah Etawa dari Indonesia yang banyak peternak budidayakan. Untuk produk susu Etawa sangat umum dan lebih mudah kita jumpai daripada jenis lainnya. Sebab rasa susunya memang enak, kental, dengan kualitas nutrisi yang terjamin.


3. Kambing Sapera

Sapera merupakan hasil persilangan antara kambing fullblood Saanen jantan dengan Etawa betina. Yang mana memiliki produktivitas cukup baik hingga 2 liter susu per ekor setiap harinya. Kambing jenis ini cocok peternak kembangkan di iklim Indonesia, terlebih pada dataran tinggi.

Saanen yang sudah terkenal sebagai kambing penghasil susu kualitas dunia (100% murni), dengan Etawa atau PE betina berpotensi memberi susu yang berkualitas. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam susu Sapera seperti protein, kalsium, magnesium, vitamin, karbohidrat, dan lemak baik.


4. Kambing Alpen

Punya kualitas susu bagus dengan produksi sama-sama banyak. Kambing Alpen fullblood harganya cukup tinggi, sehingga jarang peternak melakukan breeding dengan indukan Alpen. Namun kualitas dan kuantitas peranakan antara jantan dan betina Alpen fullblood memberikan hasil yang terbaik di kelasnya. Kambing ini merupakan hewan endemik dari Pegunungan Alpen.


5. Kambing Anglo Nubian

Tidak hanya sebagai kambing perah, Anglo Nubian yang peternak manfaatkan dagingnya karena mempunyai tubuh gempal seperti Boer. Seolah-olah Anglo Nubian mampu memenuhi kebutuhan baik daging maupun susu.

Sistem breeding persilangan antara kambing luar dengan kambing lokal masih Mas Yanto terapkan agar menghasilkan anakan terbaik penghasil susu. Misalnya saja Anglo Nubian jantan fullblood agar menghasilkan mutu serta kualitas lebih baik. Mas Yanto juga melakukan uji coba genetik lebih dari 2, ada Etawa, Saanen, dan Anglo Nubian yang ternyata hasilnya juga memuaskan.

Tidak hanya pada sistem breeding semata, melainkan juga model kandang kambing penghasil susu yang individu. Kambing dapat bergerak dengan leluasa, seperti berputar, yang membuat kambing merasa jauh lebih nyaman. Dengan kambing yang merasa nyaman, maka mereka bisa menghasilkan susu lebih baik.

Mas Yanto juga mengingatkan bahwa beternak tidak hanya meniru, tetapi harus mengembangkan konsep sesuai dengan karakteristik peternak masing-masing. Dalam hal ini berarti inovasi dan kreatifitas dalam sebuah peternakan tetap dibutuhkan.


Harga Kambing Perah yang Fantastis

Jenis fullblood yang punya persentase darah murni 100% lebih mahal daripada kambing campuran F1. Kambing untuk produksi susu fullblood seringkali menjadi indukan untuk mengembangkan peternakan dengan cara meningkatkan mutu dan kualitas. Harga yang relatif tinggi ini sebanding dengan apa manfaat yang peternakan peroleh.

Anglo Nubian fullblood jantan maupun betina dewasa mulai 24 jutaan, sedangkan Anglo Nubian F1 super mulai dari 3 jutaan. Ya, dari contoh harga di atas, tampak bahwa gen yang benar-benar terjaga dan sanad keturunan jelas mempunyai harga yang masih tinggi.

Alpen fullblood jantan maupun betina dewasa mulai 21 jutaan, Saanen fullblood Indonesia jantan maupun betina dewasa mulai 21 jutaan. Kambing yang benar-benar berkualitas memang harus mendatangkan secara langsung dari peternakan di Australia. Di sana semua sistem pengelolaan dan pertumbuhan kambing sangat terkontrol.

Mas Yanto juga melakukan hal serupa, mendatangkan kambing yang sangat bagus dan berkualitas (impor) dari luar negeri. Sehingga kini peternakan perah susu kambing miliknya sudah amat berkembang. Bisa dikatakan dalam standar yang umum, Mas Yanto sudah berhasil membuka pintu gerbang kesuksesan.


Impor Kambing Perah Fullblood untuk Meningkatkan Kualitas dan Mutu Peternakan

Peternakan yang mendatangkan kambing jenis perah impor, tidak serta merta langsung bisa berkembang. Melainkan tetap membutuhkan proses seperti bagaimana teknik breeding, pembuatan kandang, pakan, dan faktor lainnya yang berpengaruh terhadap pertumbuhan kambing tersebut.

Manajemen pengelolaan yang tepat akan lebih membantu Anda. Maka dari itu, ada baiknya belajar secara langsung dengan mendatangi peternakan kambing yang produksi susu dan sudah berkembang. Selalu menambah informasi dari berbagai sumber, hingga belajar lebih baik dari pengalaman yang sudah-sudah.

Di zaman sekarang, informasi tentang peternakan banyak kita jumpai di internet, baik lokal maupun luar negeri. Tidak sedikit peternakan terkemuka yang memberikan kisah inspiratif mereka bagaimana bisa sukses dan sampai di titik tersebut. Dengan melihat kisah inspiratif tersebut, juga menjadi sebuah penyemangat yang amat baik.

Setelah termotivasi, jangan hanya berhenti sampai di situ. Anda harus segera bergerak, berpindah dari satu titik meskipun menuju ke arah yang lebih produktif!


Jual Kambing Perah Fullblood Impor Asli dari Australia

GibasBarokah.com menyediakan kambing impor purebreed asli yang sangat terjamin kualitasnya. Quality control ketat menghasilkan kambing yang produktif, sehat, tidak cacat, bebas penyakit, dan siap membantu meningkatkan kualitas mutu kambing lokal.

Susu kambing masih banyak sekali peminatnya, sebab sebagaimana susu sapi, susu kambing punya manfaat yang bagus untuk kesehatan manusia. Di sisi lain, rasa susu kambing lebih gurih dan enak. Mulai dari anak-anak hingga orang tua menyukai rasanya.

Inilah waktu untuk memulai budidaya kambing jenis perah untuk menghasilkan susu maupun jual breeding anakan (cempe) lepas sapih. Tidak ada masalah dalam keduanya, Anda yang menentukan arah dan perkembangan peternakan Anda sendiri. Namun secara umum, semua peternakan akan memulainya dari mendatangkan kambing perah berkualitas seperti yang Mas Yanto lakukan.


Hubungi GibasBarokah.com untuk konsultasi gratis maupun pembelian produk kambing perah impor yang istimewa. GibasBarokah.com juga menyediakan produk lain seperti domba fullblood, domba F1, perlengkapan ternak, hingga olahan hewan ternak.


#kambingperah #kambingperahetawa #kambingperahsapera #kambingperahsaanen #susukambing #susukambingmurni #kambingperahanglonubian