Cara Merawat Kambing Saanen untuk Hasilkan Banyak Susu Berkualitas

Ternyata, cara merawat kambing Saanen cukup mudah dan tidak seribet yang kita bayangkan. Mengingat harga kambing saanen purebred yang masih tinggi, ia tidak membutuhkan perlakuan khusus yang berlebihan.


Mungkin Anda pernah berpikir untuk menghasilkan susu berkualitas dari kambing harus memijat, memberinya protein yang luar biasa seperti dari kuning telur, atau hal lainnya. Asalkan kualitas pakan bagus, kambing nyaman, serta tempat bersih itu sebenarnya sudah lebih dari cukup.


Cara Merawat Kambing Saanen untuk Produksi Susu Maksimal

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara untuk merawat jenis kambing ini. Apakah berbeda dengan merawat kambing perah Etawa atau sama? Berikut penjelasannya.


1. Pakan Berkualitas

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah proses pemberian pakan. Bukan sembarang pakan, melainkan memenuhi semua nutrisi, protein, dan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh kambing Saanen. Umumnya, para peternak menggunakan konsentrat dengan beberapa campuran alternatif guna menekan biaya produksi.
Meski begitu, pakan alternatif kambing Saanen harus benar-benar memperhatikan kebutuhan agar terpenuhi. Namun kalau tidak mau ribet, Anda bisa menggunakan konsentrat pakan sapi, sebab secara fisik kambing dan sapi adalah sama. Serta mengingat belum ada konsentrat yang benar-benar khusus untuk kambing perah.
Dalam pemberian pakan cukup sehari sekali pada sore hari. Hal ini tentunya berbeda dengan perawatan domba. Ukuran kambing Saanen yang cukup besar, bisa menampung pakan sedangkan domba tidak. Maka dari itulah, domba biasanya diberi makan lebih dari 1 kali dalam sehari.


2. Pemberian Vitamin dan Obat Cacing

Ciri kambing Saanen mempunyai warna putih bersih di seluruh tubuh. Serta ciri yang paling menonjol terletak pada ambing susu yang begitu besar ketika sudah siap perah. Untuk menjaga kesehatan, Anda juga perlu memberikan vitamin untuk kambing serta obat cacing dalam sebulan sekali saja.


kambing saanen fullblood jantan

Pesan Sekarang


3. Tempat yang Luas Agar Kambing Nyaman

Kenyamanan ternyata menjadi rahasia dan kunci para peternak sukses. Kambing yang nyaman, dapat menghasilkan susu dalam produksi lebih banyak. Salah satu cara meningkatkan kenyamanan kambing Saanen super yaitu dengan memberikan kandang luas. 

Dengan tempat kandang luas itulah, kambing bisa bergerak ke sana dan kemari. Tidak ada ancaman dan merasa nyaman, tentunya berdampak baik pada kesehatan kambing Saanen Anda.


4. Memandikan dan Memotong Kuku

Cara merawat kambing Saanen yang khusus adalah dengan memandikan serta memotong kukunya. Hal ini didasari oleh ekosistem kandang yang berbeda dengan kambing di alam liar. Bentuk kuku dari kambing di kandang melengkung yang membuat keseimbangannya tidak simetris.


Selain itu, kuku kambing yang hanya berada di kandang jauh lebih cepat tumbuh daripada kambing di alam liar. Sebab, ia akan lebih jarang menggesek kukunya ke tanah sebagaimana pada kambing liar. Kuku yang panjang, berpengaruh pada titik tumpu dan keseimbangan kambing Saanen itu sendiri.


Untuk memandikan dan memotong kuku ini, Anda hanya perlu melakukannya seminggu sekali.


5. Efisiensi dalam Cara Merawat Kambing Saanen Sangat Penting

Maksud efisiensi di sini berkaitan dengan penerapan ekosistem kandang dan kebersihannya. Misalnya, Anda menggunakan jenis kandang panggung, sehingga antara urin dan kotoran kambing bisa terpisah. Jika terpisah, maka kebersihannya lebih baik daripada saat keduanya tercampur.
Maka dari itulah, dalam pembersihan kandang bisa peternak lakukan lebih dari seminggu sekali. Terkait hal-hal teknis lain dalam cara merawat kambing Saanen menurut GB Farm, sebaiknya juga Anda perhatikan. Seperti waktu yang tepat untuk memerah susu kambing dan berapa kali pemerahan.


Peluang bisnis yang paling menggiurkan adalah yang berhubungan dengan kesehatan. Semua orang pasti mencari sesuatu yang sekiranya membuat dirinya lebih sehat lagi. Salah satu minuman kesehatan yang sedang trend semenjak pandemi adalah susu kambing, penjualannya meningkat dan diperkirakan akan lebih meningkat lagi. Terlebih tidak banyaknya orang yang menjalankan bisnis susu kambing membuka peluang lebar untuk kamu. Varietas unggul yang paling cocok untuk kambing perah selain kambing ettawa adalah Kambing Saanen. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan prospek bisnis dan harga kambing saanen asli Australia.



Lebih Baik Kambing Saanen atau Etawa


Kambing Saanen adalah jenis kambing asli dari Lembah Saane, Swiss. Untuk saat ini jenis kambing saanen yang terbaik adalah berasal dari Australia. Kambing Saanen lebih kecil dari kambing Ettawa, dengan berat dewasa 68-91 kg (jantan) dan 36-63 kg (betina). Kambing Saanen jantan tingginya sekitar 90 cm, betina 80 cm. Dari satu tandu, kambing Saanen memiliki bobot lahir 3 kg untuk jantan dan 3,3 kg untuk betina.

Saanen ini memiliki rambut pendek berwarna putih atau krem dengan bintik hitam di hidung, telinga, dan kelenjar susu. Tanduknya lebih panjang, tetapi karakternya lebih tenang daripada yang lain.

Dari segi produksi susu, kambing Saanen betina dapat menghasilkan 3,8 liter susu per hari, tiga kali lebih banyak dari kambing Ettawa. Menariknya, susu lebih rendah lemaknya, hanya mencapai 2,5% hingga 3%. Hal ini disukai oleh konsumen susu kambing karena kandungan kolesterolnya yang lebih rendah. Maka tentu saja apabila kamu menjalankan bisnis kambing saanen peluang berhasil lebih besar daripada kambing ettawa.


Prospek Bisnis Kambing Saanen

Pandemi kemarin membuat banyak orang lebih sadar akan kesehatan, banyak riset membuktikan mengonsumsi susu kambing dapat menjaga daya tahan tubuh, selain itu kalsium dan proteinnya bermanfaat menjaga otot, tulang dan percepatan kesembuhan.


Kambing Saanen makan lebih sedikit daripada Kambing Ettawa, hal ini dapat mengurangi pengeluaran operasional bisnis kamu. Susu yang rendah lemak menjadi nilai plus dari susu kambing saanen. Pemain yang menjalankan bisnis ini masih sedikit, artinya seberapa cepat kamu bergerak maka semakin cepat kamu mendapatkan keuntungan pasar. Susu yang dihasilkan juga 3 kali lebih banyak dari pesaingnya Kambing Ettawa.


Namun perlu diperhatikan karena kambing ini berasal dari iklim sub-tropis maka merawatnya secara intensif di kandang lebih disarankan daripada di luar kandang. Kamu juga perlu memperhatikan kelembaban, angin, dan cuaca lingkungan.


Harga Kambing Saanen Asli Australia

Kambing saanen merupakan jenis super, tetapi ada beberapa penjual lokal yang menjual kambing saanen biasa. Apabila memang niat kamu adalah investasi jangka panjang maka membeli kambing saanen asli Australia yang bersertifikat adalah pilihan terbaik. Untuk harga Kambing Saanen asli Australia yang sudah bersertifikat sekitar Rp. 31 Juta.


Alasan mengapa kambing saanen asli Australia adalah varietas paling unggul daripada kambing lainnya.


Jual Kambing Saanen Asli Australia

Tapi dimana tempat yang paling baik dan terpercaya untuk membeli kambing saanen? Tempat terpercaya yang selalu memperhatikan kualitas kambing saanen hanya di gibasbarokah.com , kualitas kambing terjaga, makanan yang selalu diperhatikan, dan kesehatan kambing selalu menjadi prioritas adalah alasan mengapa kamu harus membeli kambing saanen di gibasbarokah.com. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk melihat prospek bisnis kambing saanen yang menjanjikan. Terima kasih.

#sapera #bibitkambing #susukambingsapera #peternakkambing #beternakkambing #hargakambingbetina #saanen #kambingsaanen #perah #saanenbetina #susukambing #kambingperah