Harga Murah !!, Domba Garut Lampung yang Punya Berbagai Kelebihan

Istilah domba Garut Lampung merujuk pada domba jenis ini yang dibudidaya di Lampung. Domba Garut punya nama ilmiah Ovis Aries, yang merupakan hasil peranakan dari domba lokal, Capstaad, dan Merino. Di daerah asalnya, domba Garut lebih sering tampil pada acara laga tanding atau aduan.

Sudah banyak penelitian untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis domba lokal satu ini. Misalnya, untuk menjawab mengapa domba Garut menjadi trah genetik domba terbaik yang terkenal. Tidak hanya terkenal secara lokal maupun nasional, melainkan juga terkenal sampai seluruh dunia.

Salah satu penelitian tersebut berupa buku berjudul Pernak-Pernik dan Senarai Domba Garut terbitan Unpad Press. Yang mana, ternyata domba Garut Lampung punya ciri khas yang tidak ada di domba lainnya. Seperti bentuk telinga, bentuk ekor, dan kulitnya yang menunjukkan kekhasan tersendiri.

Berbicara tentang sektor ekonomi, nyatanya domba Garut sangat mampu mengangkat perekonomian peternakan. Tidak sedikit peternak yang sukses dan mampu bertahan dalam goncangan ekonomi yang tidak menentu (seperti pada waktu pandemi), hanya dengan mengandalkan penjualan domba Garut.

Hal tersebut didukung oleh pangsa pasar tersendiri untuk domba Garut. Kabar baiknya, beternak domba Garut bisa menjadi usaha utama maupun sampingan untuk para peternak. Memiliki trah genetik domba yang bagus, dapat mendongkrak perkembangan dengan pesat dan signifikan.


Kelebihan Domba Garut Lampung

Melihat peluang beternak domba Garut yang masih terbuka lebar, salah satu hal yang penting untuk memulainya adalah indukan. Gibas Barokah Farm jual domba Garut di Lampung dengan jaminan kualitas genetik asli lokal. Tidak seperti domba pedaging atau domba perah umumnya, domba Garut punya ranah tersendiri yang khusus dan eksklusif.

Domba Garut termahal yang tercatat hingga saat ini terjual lebih dari 120 juta rupiah. Yaitu milik seorang peternak di daerah Bandung, Jawa Barat. Sebagaimana hewan laga, salah satu faktor penentu harga adalah ketangkasannya di arena laga.

Faktor lainnya adalah keadaan genetik, postur tubuh, bentuk tanduk, dan perawatan yang diberikan oleh peternak itu sendiri. Ketika domba juara yang sudah pensiun berhenti berlaga, tentu saja harga hasil anakannya sudah pasti sangat tinggi. Karena membawa genetik terbaik dari indukan juara tersebut.

Secara lebih detail, berikut ini beberapa kelebihan domba Garut Lampung yang sebaiknya Anda tahu.


1. Punya Pangsa Pasar yang Stabil

Permintaan dari domba Garut Lampung tidak pernah surut. Sehingga peternak yang berfokus membudidayakan domba Garut memiliki peluang berkembang sangat besar. Bahkan, harga jual untuk domba satu ini cenderung terus mengalami kenaikan.

Oleh sebab itulah, tidak sedikit peternak yang berani ambil domba Garut dengan kualitas benar-benar super sebagai bakal indukan. Itu merupakan aset investasi masa depan untuk membentuk dinasti keturunan domba yang berkualitas super dengan harga tinggi.


2. Memiliki Peminat Tersendiri

Ya, sebagaimana domba pada umumnya yang dimanfaatkan daging, susu, kulit, maupun kotorannya. Ternyata kelebihan domba Garut tidak hanya berhenti sampai di sana saja. Domba Garut juga dominan sebagai jagoan dalam arena adu ketangkasan.

Ketika Anda melihat bentuk tanduknya yang melengkung dan indah itu, pasti membawa kesan gagah. Tetapi tanduk tersebut memiliki fungsi tersendiri, sebagai senjata seperti jalu di kaki ayam. Bentuk tanduk domba Garut lebih besar, panjang, dan kuat daripada tanduk jenis domba lainnya.


3. Punya Harga yang Fantastis

Domba Garut terbesar dan termahal bisa setara dengan harga mobil baru, dengan kata lain ratusan juta rupiah per ekor. Seperti yang sudah kami sampaikan di awal, potensi ekonomi domba Garut benar-benar luar biasa. Pasar tidak hanya menilai daging dan tampilan saja, melainkan juga kemampuannya dalam laga gelanggang adu ketangkasan.

Harga tinggi yang dimiliki oleh domba Garut juara bersifat seperti bola salju. Yaitu harga anakan dari hasil keturunan domba tersebut sudah pasti sama-sama mahal. Sehingga ketika sebuah peternakan memiliki domba Garut juara, selain peternakan tersebut terkenal, juga memberi manfaat ekonomi yang besar.


4. Perawatan yang Mudah

Perawatan domba Garut Lampung sama dengan domba pada umumnya pada sektor kandang dan hal teknis. Berbeda dengan pakan, domba Garut membutuhkan nutrisi dan serat yang lebih besar. Pakan yang tinggi serat, akan membantu memperkuat daging, otot, serta pembentukan tulang dan tanduk domba.

Karena hal itu pula, kadar lemak dalam daging domba Garut lebih sedikit. Yang memungkinkan sangat cocok untuk Anda manfaatkan dagingnya, seperti untuk hewan kurban. Bobot domba Garut terbesar super jumbo kelas A, bisa mencapai lebih dari 100 kilogram dengan usia sekitar 2 tahun!


5. Domba Garut Lampung Mudah dalam Pemasaran

Domba Garut sudah terkenal di seluruh Indonesia, terlebih mendapat tambahan label sebagai hewan adu tangkas. Sehingga sasarannya lebih luas, mulai dari pasar daging domba dalam maupun luar negeri sampai pecinta domba. Di masa digital seperti sekarang, pemanfaatan produk teknologi informasi akan sangat membantu dalam pemasaran dan penjualan domba.


Cara Ternak Domba Garut Lampung sampai Menghasilkan

Melihat sekilas tentang kelebihan domba Garut di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali hal yang bisa Anda manfaatkan ketika memiliki jenis domba satu ini. Lantas bagaimana cara ternak domba Garut sampai bisa menghasilkan untuk para peternak?

Cara ternak domba Garut sebaiknya Anda mulai dengan memperhatikan kandang tempat pembesaran domba. Kandang harus memperoleh sinar matahari yang cukup sebagai salah satu asupan vitamin alami untuk domba. Serta kandang harus punya sirkulasi udara yang baik.

Umumnya, kandang domba Garut mempunyai atap berupa rumbia atau alang-alang dari pohon sagu kering. Sinar matahari akan meningkatkan daya tahan tubuh domba Garut Anda. Faktanya, domba yang hanya dikurung tanpa memperoleh sinar matahari cukup akan lebih mudah terserang penyakit.

Persiapan kandang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran domba. Baik itu kandang anakan/bakalan, kandang pembesaran, kandang indukan, maupun kandang khusus untuk domba yang membutuhkan perawatan. Kelengkapan kandang yang lengkap seperti ini menjadi langkah awal dalam budidaya domba Garut.


Pemilihan Indukan Domba Garut Jantan dan Betina

Untuk domba Garut jantan dewasa, mempunyai testis simetris dengan libido yang tinggi. Akan lebih baik jika sudah terbukti juara dalam gelanggang adu tangkas. Sedangkan untuk domba Garut betina dewasa, usia minimal 1,5 tahun punya badan panjang, simetris, bulu tidak kusam, dan ambing besar.

Kabar baiknya, Anda dapat konsultasi lebih dulu dengan Gibas Barokah Farm, secara gratis dalam pemilihan indukan domba Garut. Anda juga bebas, memilih proses dari pembibitan atau hanya pembesaran dalam ternak domba Garut.

Sebab, kenyataannya tidak semua peternak mau mengambil risiko yang ada dalam proses breeding. Risiko tersebut antara lain kematian dini, permasalahan pada indukan betina, dan proses panjang lainnya. Terlepas dari hal itu, jika berhasil dalam breeding, tentu saja manfaat ekonomi yang Anda peroleh jauh lebih besar daripada hanya pembesaran.

Itulah beberapa informasi mengenai domba Garut Lampung yang punya banyak sekali kelebihan. Pada intinya, jenis domba satu ini punya harga yang stabil, bahkan cenderung naik drastis ketika memiliki kelebihan seperti menjadi juara. Semoga membantu!