Manfaat Susu Kambing Murni

10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik Untuk Pencernaan!

Anda mungkin sudah sering melihat olahan daging kambing di mana-mana. Namun, tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang lezat, susu dari binatang mamalia ini juga tidak kalah lezat untuk dikonsumsi. Bukan cuma soal rasa, kandungan dan manfaat susu kambing murni bisa jadi pilihan pengganti susu sapi atau nabati.

Susu kambing memiliki kandungan protein, kalsium, dan zat penting bagi tubuh lainnya yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi yang umum dikonsumsi. Mengutip dari laporan United States Department of Agriculture (USDA), berikut ini perbandingan kandungan nutrisi dalam 1 cup (237 ml) susu kambing dan susu sapi.

 

 

Susu Kambing

Susu Sapi

Kalori

168 gram

149 gram

Protein

9 gram

8 gram

Lemak

10 gram

8 gram

Karbohidrat

11 gram

12 gram

Serat

0 gram

0 gram

Gula

11 gram

12 gram

Sodium

122 mg

105 mg

Kalsium

327 mg

276 mg

Magnesium

34,2 mg

24,4 mg

Fosfor

271 mg

205 mg

Potassium

498 mg

322 mg

 

Dari tabel di atas, terlihat jelas bahwa kandungan protein, kalsium, magnesium, fosfor, dan potassium dari susu kambing mengungguli susu sapi. Selain itu, kelebihan susu kambing adalah ramah bagi pencernaan manusia, ia lebih mudah dicerna dan mengandung prebiotik yang lebih tinggi sebagai asupan bagi bakteri baik di sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni maupun olahannya lebih sulit dijumpai di pasaran. Hal tersebut dikarenakan produksi kambing perah yang jauh lebih sedikit daripada sapi perah. Jadi, tidak heran kalau susu kambing pun memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

susu kambing segar

Beli Sekarang


Bagi Anda yang tertarik mengganti asupan susu harian dengan susu kambing, berikut 10 manfaat susu kambing murni maupun olahan yang perlu Anda ketahui:

 


1.    Sumber asupan tinggi protein

Protein merupakan salah satu asupan harian yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk menyusun jaringan tubuh, membentuk antibodi, hingga sumber energi penting selain karbohidrat dan lemak.

 

Susu kambing mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan susu nabati. Kandungan protein pada susu kambing sebesar 9 gram, sedangkan pada susu sapi sebesar 8 gram. Jika susu nabati, seperti susu kedelai mengandung 6-7 gram protein dan susu almond mengandung 0-1 gram protein.

 

Dengan keunggulan tersebut, susu kambing dapat membantu memenuhi asupan protein harian Anda dan sebagai alternatif dari susu sapi. Namun, tentunya tetap dilengkapi dengan sumber protein lainnya, seperti daging, telur, dan kacang-kacangan.

 


2.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda jika susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh? Ya, kandungan mineral selenium dalam susu kambing diketahui cukup banyak ketimbang susu sapi.

 

Selenium dalam tubuh berperan sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu menurunkan peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium bagi kesehatan tubuh Anda tidak bisa dianggap remeh.

 

Berkat kandungan selenium di dalam susu kambing, dengan mengonsumsinya dapat memperkuat daya tahan tubuh menghadapi segala kondisi cuaca maupun tingkat aktivitas sehari-hari, serta melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Menambahkan segelas susu kambing dalam menu makan Anda bisa menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat.

 


3.    Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak orang sesudah meminum susu mengeluh mulas, kembung, dan diare. Bukannya jadi sehat, tubuh malah jadi lemas karena mengonsumsi susu. Seringnya, kondisi tersebut disebabkan karena tubuh tidak mampu mencerna dengan baik kandungan laktosa dalam susu hingga alergi susu tertentu.

 

Susu kambing yang masih mengandung laktosa dan tinggi protein dinilai jauh lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan daripada susu sapi. Terlebih lagi, ada penelitian menyebutkan bahwa susu kambing menimbulkan reaksi alergi yang lebih rendah ketimbang susu sapi. Namun, alangkah baiknya bagi Anda dengan riwayat alergi susu untuk mengonsultasikan keamanannya terlebih dahulu kepada tenaga medis profesional.

 

Kandungan prebiotik dalam susu kambing juga membantu memberikan asupan bagi bakteri baik pada sistem pencernaan agar jumlahnya tetap normal atau bahkan meningkat sehingga memperlancar metabolisme tubuh.

 


4.    Mencegah pengeroposan tulang

Tidak hanya sebagai sumber protein, alasan banyak orang mengonsumsi susu adalah untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh. Hal itu dikarenakan, peran kalsium yang penting dalam menjaga kesehatan tulang.

 

Seperti yang Anda ketahui dari tabel perbandingan nutrisi di atas, dalam 1 cup (237 ml) susu kambing mengandung 327 mg kalsium. Sebanyak 51 mg lebih tinggi daripada kalsium pada susu sapi. Dengan ini, menambahkan susu kambing dalam menu makan bisa membantu memenuhi asupan kalsium harian orang dewasa sekitar 1.000 mg/hari dan anak-anak sekitar 1.300 mg/hari.

 

Bahkan sebuah penelitian pada 2014 di Rusia melaporkan bahwa pemberian 400 ml susu kambing per hari kepada 42 orang lanjut usia dipercaya berdampak positif pada metabolisme tulang dan membantu mencegah osteoporosis apabila dikombinasikan dengan terapi.

 


5.    Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang sering kali terjadi. Untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung, banyak kebiasaan baik yang bisa Anda lakukan mulai dari olahraga dan mengadopsi pola makan sehat, salah satunya dengan menambahkan susu kambing dalam diet sehat.

 

Susu kambing memiliki kandungan asam lemak tak jenuh (tunggal dan ganda) trigliserida rantai sedang (MCT) yang dapat membantu mencegah berbagai jenis penyakit jantung.

 

Selain itu, tingginya kandungan magnesium dalam susu kambing juga baik untuk menjaga detak jantung tetap normal dan mencegah peningkatan level kolesterol sehingga jantung jadi lebih sehat.

 


6.    Menjaga kesehatan gigi

Siapa yang tidak mengidam-idamkan gigi sehat dan kuat? Demi mewujudkannya, Anda perlu memperhatikan asupan kalsium sehari-hari. Tak hanya penting bagi kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi mendukung pembentukan gigi yang sehat dan kuat.

 

Dari total kalsium yang terserap oleh tubuh, 99% tersimpan dalam tulang dan gigi. Kalsium ini akan digunakan untuk membentuk jaringan gigi dan memelihara kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi Anda mudah patah dan berlubah, perbanyak konsumsi makanan atau minuman yang kaya kandungan kalsium.

 

Susu kambing bisa menjadi pilihan sumber kalsium harian Anda. Kandungan kalsium dalam susu kambing mampu memenuhi 33% angka kebutuhan gizi harian yang disarankan, lebih besar daripada susu sapi yang hanya 28% saja.

 


7.    Menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing memiliki kandungan asam lemak linoleat yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan meminum susu kambing membantu mengurangi kolesterol di arteri dan kantong empedu.

Dengan ini, baik penderita kolesterol maupun yang sedang menjaga kadar kolesterol bisa memiliki pilihan susu yang lebih aman untuk dikonsumsi.

 

Manfaat susu kambing murni lainnya setelah menjaga kadar kolesterol tetap normal adalah mencegah penyakit penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), serangan jantung, serta stroke.

 


8.    Menghaluskan dan menjaga kesehatan kulit

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan macam-macam produk kecantikan kulit berbahan dasar susu kambing, mulai dari sabun mandi, lulur, lotion, dan lainnya. Susu kambing yang kaya kandungan asam laktat, asam lemak, dan vitamin A dipercaya memberikan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan kulit.

 

Jika Anda menginginkan kulit yang halus, produk kecantikan dari susu kambing bisa jadi pilihan yang tepat. Kandungan pH pada susu kambing sama dengan kulit manusia sehingga tidak akan merusak kulit dan aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

 

Selain itu, asam laktat dalam susu kambing memberikan kelembapan maksimal pada kulit sehingga cocok untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kering. Kandungan lainnya seperti asam lemak dan vitamin A di dalamnya mampu memperbaiki permukaan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati.

 


9.    Memaksimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

Sebuah penelitian pada 2002 menunjukkan bahwa mengonsumsi susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih maksimal.

 

Hal ini berbanding terbalik susu sapi yang malah mengganggu tubuh dalam menyerap zat besi dan tembaga saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan lain.

 

Maka dapat dikatakan dengan mengonsumsi makanan dilengkapi dengan segelas susu kambing bisa membuat tubuh menyerap semua kandungan nutrisi tanpa ada yang terbuang sia-sia.

 


10.  Membuat tidur lebih nyenyak

Anda mengalami susah tidur? Coba minum segelas susu kambing hangat sebelum memejamkan mata di ranjang Anda.

 

Kandungan asam amino triptofan dalam susu kambing membantu produksi hormon serotonin pada tubuh. Hormon serotonin penting untuk menjaga kestabilan mood, meningkatkan relaksasi, dan membantu produksi hormon melatonin atau hormon tidur.

 

Oleh karenanya, meminum segelas susu kambing sebelum tidur dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak.

 


Manfaat susu kambing murni maupun olahannya sudah tidak diragukan lagi berkat kekayaan kandungan nutrisi di dalamnya. Keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi atau susu nabati pun sudah terbukti secara klinis. Mulai dari kandungan protein, sodium, kalsium, magnesium, fosfor, dan potassium, tidak ada yang bisa mengungguli susu kambing. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memilih susu kambing sebagai pelengkap asupan kebutuhan gizi harian.

 

Berbagai manfaat susu kambing murni sangat cocok bagi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Tak hanya memperkuat daya tahan tubuh, tapi juga mampu menurunkan berbagai jenis penyakit mematikan, seperti kolesterol, serangan jantung, dan stroke.

 

Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing murni juga terlihat dari luar melalui gigi yang sehat dan tampilan kulit yang cerah, lembap, serta kenyal semakin mendukung penampilan Anda selama beraktivitas.

 

Meski mencari susu kambing murni tidaklah mudah, sudah ada beberapa peternakan terpercaya yang memproduksi dan menjual susu kambing yang dikemas botolan, frozen, bahkan susu bubuk dengan harga yang bervariasi.

 

Harga susu kambing yang dapat ditemukan di pasaran adalah sekitar Rp44.000-85.000 per 200 gram untuk susu kambing murni bubuk dan Rp6.600-10.000 per 200 ml untuk susu kambing murni kemasan botol atau frozen.

 

Jika membandingkan antara harga susu kambing dan susu sapi, memang bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun, dengan kandungan nutrisi susu kambing yang juga lebih tinggi daripada susu sapi maupun susu nabati, harga yang ditawarkan sebanding dengan manfaat kesehatan yang didapatkan.


#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktuminumsusu #susukambingmenyembuhkan #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing