Jual Domba Awassi Fullblood
Jual Domba Awassi Fullblood

Saat ini mulai banyak yang jual domba Awassi Fullblood. Pada program pengembangbiakan domba, tidak hanya untuk penggunaan wol dan daging. Namun susu domba juga dapat diolah menjadi produk susu kelas atas. Mulai dari keju dan susu bubuk untuk membawa kepentingan ekonomi yang tinggi dalam bisnis di negeri sendiri hingga luar negeri. Bahkan semakin meningkatnya permintaan terhadap susu domba yang semakin jelas kandungannya.

Perlu diketahui bahwa nilai gizi susu domba lebih tinggi dibandingkan dengan susu kambing serta susu sapi. Terdapat kandungan rendemen lemak, persentase protein, dan kandungan mineral yang melimpah. Tentunya domba Awassi memberikan peluang yang baik bagi perkembangan industri susu domba.


Jual Domba Awassi Fullblood Berkualitas

Banyak orang mulai mengembangkan domba strain baru yakni domba Awassi penghasil susu dan daging. Domba ini memang belum familiar dalam dunia peternakan Indonesia. Domba Awassi adalah domba yang asalnya dari Asia Barat Daya, lebih tepatnya dari wilayah Gurun Suriah.

Sebenarnya domba ini termasuk salah satu jenis domba ekor gemuk. Akan tetapi, setelah domba ini mengalami persilangan terus-menerus serta berlangsung evolusi, saat ini menjadikan pengurangan ekor gemuknya bahkan menaikkan produksi susu. Domba Israel Improved Awassi dapat memproduksi susu hingga mencapai 1.000–2.000 kg per tahun. Apabila menginginkannya, Anda dapat mencari tempat jual domba Awassi Fullblood.

Domba Awassi ini memiliki nama lainnya yakni Nu'aimy, ad-Deiri, as-Suri, al-Mashry, al-Baladi dan Jazirah. Jenis domba ini terdapat di negara-negara Timur Tengah, seperti Yordania, Suriah, Irak, Lebanon, Palestina serta Arab Saudi. Domba ini memiliki kemampuan tinggi saat beradaptasi dari masa ke masanya. Bahkan juga dapat hidup dengan badui nomaden maupun bersama warga pedesaan yang menetap.

Jenis domba ini dapat berjalan jarak jauh dan memiliki kekuatan untuk tinggal di cuaca yang sangat panas meski musim paceklik (dapat menyimpan minyak di ekornya). Akan tetapi, domba ini tetap dapat menghasilkan banyak susu saat sulit mendapatkan makanan.


Karakteristik Domba Awassi

Jual domba Awassi Fullblood mengungkapkan mengenai karakteristik dari domba Awassi ini yakni berwarna putih dan kepala berwarna merah agak kecoklatan. Adapun pada bagian badannya berwarna merah atau hitam dan kepala berwarna hitam. Selain itu, domba ini juga memiliki bulu wol yang tebal dan berekor cukup besar. Sebagian besar memiliki tanduk, meski jarang yang tidak memiliki tanduk, baik jantan maupun betina. Tanduk betina biasanya lebih kecil dan pendek dibanding tanduk jantan.

Domba Awassi kawin silang dengan domba lokal, maka akan menghasilkan domba Dorsip yang bertanduk. Bahkan memiliki postur tubuh tinggi dan tebal dagingnya. Ciri-ciri domba ini tampak memiliki kepala panjang, sempit dengan profil muka cembung, telinga lebar, panjang, serta menggantung. Berat badan pejantannya bisa mencapai 60 - 100 kg lebih.

Jual domba Awassi Fullblood biasanya menyediakan domba yang berkualitas bagus. Badannya tampak tinggi, tegap, juga kuat. Untuk bentuk puting domba ini panjang ke bawah dan tidak berlemak.


Penghasil Susu Terbaik

Domba Awassi saat ini tersebar di wilayah Timur Tengah dan dapat dimanfaatkan sebagai produksi susu, daging, dan wol. Domba Awassi Fullblood didapatkan melalui budidaya sistematis di Israel dengan masa laktasinya mencapai 214 hari. Produksi susu setiap periode laktasi saat ini kurang lebih 500 kg.

Namun produksi ASI terus meningkat hingga mencapai puncaknya pada minggu ketiga laktasi, lalu mulai menurun. Karakteristik yang luar biasa dari domba ini yakni toleransi suhu ekstrim dan kondisi makan yang buruk. Selama berabad-abad pembiakan alami dan selektif pada domba ini, saat ini telah menjadi domba penghasil susu tertinggi di Timur Tengah.

Kini ada tempat jual domba Awassi Fullblood yang berkualitas sebagai penghasil susu terbaik. Domba ini memang memiliki karakteristik yang luar biasa serta mampu memproduksi susu melimpah.