Harga Kambing Sapera – Kambing Perah Indonesia 2024

Berapa harga kambing Sapera? Harganya cukup murah jika dibandingkan dengan keunggulan serta kualitasnya. Namun sebelum itu, ada baiknya membahas apa itu kambing Sapera, apa saja keunggulannya, dan bagaimana sapera dapat membantu produksi susu peternakan kambing.

Melihat ciri fisiknya, kambing ini umumnya punya warna putih bersih. Ada juga yang punya corak hitam di sela putihnya. Telinganya memanjang dan menggelambir, mirip dengan kambing Etawa maupun peranakan Etawa (PE).

Dalam penerapannya, kambing Sapera mampu memproduksi susu dalam jumlah banyak dan kualitasnya terjamin. Hal inilah yang menjadikan Sapera populer sebagai kambing perah. Meski begitu, postur tubuhnya lumayan gemuk, di mana memanfaatkan dagingnya masih sangat mungkin.

Seiring berjalannya waktu jenis kambing perah di Indonesia kian banyak dan berkembang. Kita mengenal mulai kambing perah Etawa, peranakan Etawa (PE), Saanen, Anglo Nubian, dan tentu saja Sapera. Maka dari itulah, banyaknya jenis kambing tersebut membuka peluang cross breeding atau kawin silang untuk menciptakan jenis yang lebih unggul.

Tertarik untuk mendatangkan Sapera unggulan kualitas super ke peternakan? Informasi berikut ini akan sangat membantu mengenal lebih dalam tentang kambing Sapera.


Kambing Sapera Adalah, Mengenal Sapera Lebih Jauh

Harga kambing Sapera yang terjangkau, ternyata mampu mengangkat kualitas dan kuantitas produksi susu kambing di sebuah peternakan. Bukan tanpa alasan, Sapera menjadi salah satu jenis kambing perah murah namun memiliki gen unggulan.

Kambing Sapera adalah jenis kambing perah, yang berasal dari cross breed (kawin silang) antara kambing Saanen fullblood dan kambing perah PE (peranakan Etawa). Melihat indukan tersebut, keduanya merupakan kambing perah yang sama-sama berkualitas.


kambing sapera berkualitas

Pesan Sekarang


Saanen menjadi kambing perah kualitas internasional, faktor genetik sangat unggul, namun harga Saanen fullblood asli masih sangat tinggi. Sedangkan PE harganya murah, tetapi genetiknya standar tidak sebagus Saanen.

Hasil keturunan dari kedua kambing perah itulah Sapera. Yang membawa semua keunggulan kambing Saanen, namun harganya murah seperti PE. Harga kambing Sapera yang terjangkau, menjadi pilihan banyak peternak maupun individu yang berfokus dalam produksi susu kambing.

Untuk ciri fisiknya perpaduan antara Saanen dan PE. Di mana tanduknya memanjang seperti kambing Saanen, dan telinganya menggelambir ke bawah mirip PE. Warna Sapera dominan putih bersih seluruh tubuh dengan bulu pendek. Postur tubuhnya lebih besar dari PE, dan lebih kecil daripada Saanen.

Nah, itulah penjelasan awal untuk mengenal lebih jauh tentang kambing Sapera. Selanjutnya kita akan membahas keunggulan kambing Sapera yang menjadi bintang dalam kategori kambing perah murah lokal.


Keunggulan Kambing Perah Sapera

Dalam peternakan Gibas Barokah Farm, Sapera memperoleh pakan unggulan yang lengkap. Mulai dari rumput hijau (rumput gajah), leguminosa (kaliandra, indigofera, lamtoro), konsentrat, ampas tahu, dan mencukupi kebutuhan mineral.

Dengan perawatan dan pemberian pakan yang optimal tersebut, menghasilkan Sapera dengan kualitas super. Berikut ini beberapa daftar keunggulan kambing Sapera jika perawatannya optimal.

1. Punya Kualitas Susu Unggul

Keunggulan dan kelebihan kambing Sapera yang pertama yaitu kualitas susunya yang bagus. Susu kambing Sapera dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bahan baku pembuatan keju, es krim, campuran makanan, sampai konsumen langsung.

Selain itu, susu kambing Sapera memberi manfaat ekonomi untuk peternak. Mampu mencukupi kebutuhan susu harian untuk keluarga peternak. Sekaligus sebagai bisnis jual susu kambing yang menguntungkan.

Tidak hanya susu yang kaya nutrisi, tetapi rasanya enak tidak bau prengus. Pada masa laktasi pertama, mampu menghasilkan rata-rata 2 liter per ekor. Sedangkan pada masa laktasi kedua, naik menjadi 3,5 sampai 4 liter per ekor!



2. Mudah Berkembang Biak

Selanjutnya, kambing Sapera mudah berkembang biak. Dalam kurun waktu 8 bulan beranak, yang mana kalau 2 tahun bisa 3x beranak. Umumnya mampu beranak lebih dari 1 ekor. Sehingga keunggulan ini membawa manfaat yang lebih banyak untuk para peternak kambing.

Biasanya, para peternak akan menjual anak Sapera jantan sebagai kambing pedaging. Ukuran kambing Sapera lumayan besar, dengan daging yang banyak walaupun jenisnya kambing perah. Sedangkan untuk anak betina, lanjut untuk diambil susunya.


3. Daya Tahan Luar Biasa

Kambing Sapera juga punya daya tahan terhadap cuaca dan penyakit yang luar biasa. Maka dari itulah cocok untuk budidaya Sapera di semua wilayah Indonesia. Dengan kata lain, perawatan kambing perah satu ini tergolong mudah. Meski begitu, beberapa hal seperti pakan yang cukup nutrisi harus tetap terpenuhi.


4. Postur Tubuh Lebih Bagus daripada PE

Karena keunggulan yang inilah kambing Sapera jantan cocok untuk pedaging. Sebab, punya daging tebal dan postur tubuhnya lebih bagus daripada peranakan Etawa. Susu kambing Sapera betina menjadi pengganti untuk Anda yang alergi atau tidak bisa minum susu sapi, bagus juga untuk balita.


5. Harga Kambing Sapera Relatif Terjangkau

Melihat berbagai keunggulan di atas, sudah hampir setara dengan Saanen fullblood. Namun, harga kambing Saanen purebred asli memang masih tinggi. Maka dari itulah Sapera menjadi alternatif terbaik yang jauh lebih ekonomis. Harga kambing Sapera sudah sangat sesuai dengan kualitasnya sebagai kambing perah.


Kualitas dan Produktivitas Susu Kambing Sapera

Produksi susu kambing Sapera pada laktasi pertama rata-rata 2 liter per hari untuk tiap ekornya. Sedangkan pada laktasi kedua, bisa mencapai 4 liter per ekor. Maka dari itulah, produksi susu optimal dan tidak perlu Anda ragukan. Hal ini hampir sama dengan kambing Saanen, di mana pada masa laktasi pertama saja sudah rata-rata sudah mencapai 3,8 liter per ekor.

Kualitas susu kambing Sapera juga kaya akan nutrisi. Kandungan nutrisinya yaitu protein, lemak kambing, karbohidrat, kolesterol kambing, kalori, vitamin A, vitamin C, fosfor, kalsium, magnesium, sampai asam amino. Protein yang terkandung mencapai 3,6%, cukup tinggi dan di atas rata-rata susu kambing umumnya.

Dari penjelasan di atas, tampak jelas bahwa kualitas dan produktivitas susu kambing Sapera sangat baik. Susu kambing mudah dicerna oleh tubuh, sebab butiran lemak susu lebih kecil dan bersifat homogen. Mendatangkan kambing Sapera ke peternakan akan meningkatkan kualitas dan produktivitas kambing di peternakan itu.


Harga Kambing Sapera, Kambing Perah Persilangan yang Unggul

 

Kambing Sapera berasal dari persilangan antara Saanen fullblood dan peranakan Etawa (PE). Maka dari itulah, ia membawa genetik unggul dari kambing Saanen fullblood. Yang mana kambing Saanen sudah menjadi kambing perah terbaik dengan kualitas internasional.

Harga kambing Sapera terjangkau, tidak seperti Saanen yang mahal. Walaupun kualitasnya memang belum sebanding dengan Saanen, namun sudah cukup untuk meningkatkan mutu peternakan. Lantas, berapa pasaran harga kambing Sapera di Indonesia?

Harga kambing Sapera betina usia dewasa lebih dari 1 tahun, harga pasaran antara 4 - 6 jutaan. Dengan harga segitu sudah memperoleh kualitas kambing yang benar-benar bagus. Kualitas kambing yang bagus memberi banyak benefit untuk peternakan.

Anda juga dapat memperoleh kambing Sapera dengan harga lebih murah. Tetapi mesti kompromi usia kambing belum dewasa, misalnya anakan kambing Sapera dan kambing Sapera lepas sapih (sekitar 3 bulan).


Jual Kambing Sapera Breeding Asli di Gibas Barokah Farm

 

Tertarik mendatangkan kambing Sapera yang kualitasnya terjamin? Gibas Barokah Farm (GB Farm) yang berlokasi di Ngawi siap membantu menyediakan kambing dan domba dengan kualitas terbaik. GB Farm telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melayani pengadaan hewan ternak bersanad dan berkualitas untuk para peternak di seluruh Indonesia.

Di GB Farm kami menjamin kambing Sapera yang Anda beli memiliki semua keunggulan sebagaimana di atas. Pasalnya, dalam perawatan terutama pakan, GB Farm selalu memperhatikan keseimbangan nutrisi. Berikut ini alasan mengapa memilih GB Farm sebagai platform jual-beli kambing dan domba berkualitas serta bersanad jelas.


Mengapa Pilih Beli Kambing Sapera di Gibas Barokah Farm?

 

GB Farm menjadi tempat jual-beli kambing dan domba yang mudah dalam penggunaan. Apalagi kalau Anda ingin mendatangkan kambing dan domba dari luar negeri. Yang mana dalam prosesnya membutuhkan ketelitian tinggi agar tidak zonk.

GB Farm hadir sebagai solusi atas keresahan para peternak yang merasa kurang puas atau kecewa dengan kambing fullblood yang mereka beli dari luar negeri. Demi menyediakan hewan ternak fullblood dan berkualitas unggul, GB Farm sebagai platform untuk menjembatani pembelian tersebut.

Hasilnya, teman-teman peternak tidak perlu khawatir lagi terhadap pembelian kambing maupun domba unggulan. Karena GB Farm menjamin semua hewan ternak yang Anda beli memiliki semua keunggulan dan keistimewaan, terlebih untuk tipe fullblood.

Selain kambing Sapera, GB Farm juga menyediakan berbagai jenis kambing dan domba domestik luar negeri. Kini tidak perlu bingung lagi mencari tempat mencari hewan ternak fullblood, lengkap dengan jaminan keaslian dan kejelasan sanadnya. GB Farm adalah pilihan terbaik untuk Anda!

Jenis kambing yang tersedia di GB Farm antara lain kambing Boer (pedaging unggul), Anglo Nubian, Alpen, Saanen (perah unggul), Pygmy (hias), dan kambing qurban. Sedangkan jenis domba yang tersedia di GB Farm antara lain domba Dorper, Awassi, Merino, Texel, Suffolk, dan tentunya domba lokal Garut.

Berikut ini alasan mengapa menjadikan GB Farm sebagai tempat mencari kambing, domba, maupun olahan keduanya yang paling tepat.


1. Harga Kambing Sapera Breeding Asli yang Murah

Harga kambing Sapera dengan memperhatikan breeding dan pemeliharaan yang intens di GB Farm sangat terjangkau. Usia kambing Sapera betina dewasa di atas 12 bulan (1 tahun) mulai 4 jutaan saja. Harga yang lebih murah untuk kambing Sapera betina anakan/bakalan mulai dari usia 3 bulan.

Dengan memesan kambing Sapera di GB Farm, Anda juga memperoleh sertifikat breeding. Hal ini menunjukkan bahwa Sapera yang Anda pesan benar-benar berasal dari indukan kambing Saanen fullblood dan kambing peranakan Etawa (PE).

Adanya GB Farm menghilangkan rasa khawatir dalam membeli hewan ternak bersanad tersebut. Kami sangat memperhatikan sanad hewan ternak, sehingga Anda akan memperoleh apa yang selama ini Anda harapkan. Tidak ada lagi pertanyaan apakah ini benar-benar kambing Sapera atau bukan.

Karena sanad kambing jelas yang dibuktikan dari sertifikat breeding. Serta dengan harga kambing Sapera breeding asli di GB Farm sangat terjangkau.


2. Pengiriman Jaminan Aman dan Selamat

Selain harga kambing Sapera yang murah, pengiriman menggunakan ekspedisi kambing dengan jaminan keamanan dan selamat sampai di tujuan. Untuk proses pengiriman ini dari Ngawi, karena peternakan modern GB Farm berada di sana.

Ada baiknya Anda menanyakan stok kambing Sapera terlebih dulu. Pasalnya, Sapera menjadi salah satu kambing perah yang sangat laris di Indonesia. Kambing Sapera dengan breeding asli, kualitasnya benar-benar hampir menyamai kambing perah Saanen. Namun, harganya jauh di bawah Saanen yang menjadikannya favorit para peternak.

Untuk menanyakan stok, hubungi kami terlebih dulu melalui kontak yang ada di website https://gibasbarokah.com/. Melalui hot line ini pula Anda dapat menanyakan informasi lainnya tentang peternakan kambing dan domba.


3. Kualitas Hewan Ternak Terbaik

Dengan harga kambing Sapera yang terjangkau tersebut, Anda sudah memperoleh semua keunggulan Sapera sebagaimana kami jelaskan di atas tadi. Termasuk jaminan kambing yang Anda pesan dalam keadaan sehat, tidak cacat, dan selamat sampai tujuan selama ekspedisi pengiriman.

Di zaman modern seperti sekarang, kita sebaiknya memanfaatkan teknologi digital agar memudahkan kehidupan manusia. Platform online GB Farm sudah menerapkannya, dan ini menjadi salah satu platform jual-beli kambing yang kami harapkan menjadi solusi terbaik untuk para peternak di seluruh Indonesia.

Dalam memenuhi banyaknya permintaan akan hewan ternak fullblood dan breeding asli seperti Sapera. GB Farm hadir memberikan kontribusinya dalam memfasilitasi jual-beli hewan ternak unggulan (asli bersertifikat). Sehingga Anda akan merasa tenang, aman, dan senang karena hewan ternak sesuai dengan harapan.


4. Gibas Barokah Peduli dengan Setiap Pembelian Anda

Walaupun harga kambing Sapera terjangkau di GB Farm, kami tetap peduli dengan setiap pembelian Anda. Artinya, GB Farm juga memberikan layanan after sales yang menjadikan Anda lebih tenang lagi. Jadi, kalau Anda mengalami kesulitan maupun kendala setelah membeli hewan ternak dari GB Farm, kami siap memberikan layanan berupa pengarahan dan penanganan terhadap hewan ternak tersebut.

Untuk itulah harga kambing Sapera di atas sudah include dengan semua layanan secara maksimal. Agar memudahkan dalam proses kirim, Anda bisa sekalian membeli perlengkapan peternakan seperti pupuk, susu kambing, media tanam, pupuk organik cair, hingga kaligrafi dari kulit kambing dan domba.


5. InsyaAllah Berkah

Sesuai dengan namanya, Gibas Barokah, kami mengharapkan setiap jual-beli hewan ternak di sini memperoleh kebaikan baik secara lahir maupun batin. Sekaligus dapat memberi manfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia umumnya, dan para peternak kambing perah khususnya.

Setiap pembelian hewan ternak maupun hasil olahan ternak, 100% halal dan insyaAllah sesuai dengan syariat Islam. Jadi, GB Farm merupakan platform online belanja hewan ternak yang memudahkan, pengiriman jaminan aman, kualitas hewan ternak terbaik, layanan cepat dan ramah, serta insyaAllah berkah.

Di mana lagi mendapatkan kambing Sapera breeding asli yang terjangkau dan memiliki layanan dan jaminan lengkap? Kami sangat terbuka jika Anda ingin konsultasi terlebih dulu, tanyakan stok produk yang ada di katalog website melalui kontak kami ya! Termasuk informasi lainnya yang Anda butuhkan tentang kambing Sapera maupun produk lainnya.

Sekian dulu informasi tentang harga kambing Sapera, keunggulan, dan platform tempat beli terbaik yang mengedepankan keamanan, kualitas, dan keberkahan. GB Farm dengan senang hati melayani Anda, baik perorangan maupun peternakan, agar meningkatkan mutu dan kualitas peternakan di seluruh Indonesia. Semoga berkah, aamiin!