Potensi Kambing Anglo Nubian, Hasilkan Susu dan Daging

Secara umum, jenis kambing Anglo Nubian adalah bangsa ternak, yaitu menghasilkan susu dan daging. Sedangkan kambing perah hanya menghasilkan susu dan kambing pedaging hanya menghasilkan daging. Jenis Anglo Nubian adalah kambing berkualitas dan punya potensi luar biasa.


Berbicara tentang trah keturunan kambing Anglo Nubian cukup panjang. Dimulai dari jenis Jamnapari yang berasal dari India, kemudian di Indonesia lebih dikenal sebagai Etawa. Serta kambing jenis Zaraibi yang berasal dari Mesir.


Jamnapari menghasilkan susu, Zaraibi Mesir menghasilkan daging, turunan hasil keduanya ini kemudian dikawin silang dengan kambing ternak lokal di Inggris. Alhasil pada akhirnya lahir trah kambing Anglo Nubian sebagai alternatif kambing ternak yang berkualitas.

Dara betina kambing anglo nubian pb

Pesan Sekarang


Melihat Ciri Fisik Kambing Anglo Nubian


Potensi kambing perah Anglo Nubian terbuka sangat lebar. Berikut ini beberapa ciri fisik dari jenis ini yang mudah kita bedakan dengan jenis yang lain.


1. Warna Bulu

Warna bulu kambing Anglo Nubian beragam, mayoritas berwarna coklat, hitam, putih, atau perpaduan antara warna-warna tersebut. Warna ini mirip dengan kambing Kacang lokal, sehingga sulit membedakan antara Anglo Nubian dengan Kacang kalau hanya dari warna bulunya saja.


2. Telinga

Telinga kambing Anglo Nubian panjang dan terkulai, baik jantan maupun betina. Mempunyai bulu pendek yang menyelimuti seluruh tubuh.


3. Postur Tubuh

Berat kambing Anglo Nubian jantan bisa mencapai 170 kilogram, sedangkan untuk betina beratnya kurang lebih 130 kilogram. Ini tergolong jenis kambing besar, sehingga banyak yang mengenalnya sebagai kambing pedaging. Tinggi jantan dewasa 90 sentimeter, tinggi betina dewasa 80 sentimeter.


4. Kaki

Yang membedakan dengan kambing lokal adalah kakinya, kambing Anglo Nubian punya kaki yang relatif panjang. Perpaduan kaki panjang dengan postur tegap tersebut menjadikannya tampak jumbo.


5. Ambing Susu

Selain sebagai kambing pedaging, kambing Anglo Nubian juga merupakan kambing perah yang menghasilkan susu. Ambing susu betina berukuran sangat besar, hampir setara dengan kambing Saanen. Untuk Anglo Nubian betina tidak punya tanduk, sedangkan jantan punya tanduk yang menghadap ke belakang.



Potensi Ternak Kambing Anglo Nubian


Berhubung susu Kambing Anglo Nubian yang diproduksi cukup melimpah, maka potensi ternak kambing ini bisa untuk sektor sekaligus. Yaitu perah, daging, dan ternak secara umum.


1. Susu Anglo Nubian

Menurut sebuah penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2018 lalu, susu kambing Anglo Nubian mengandung lemak 5,671%, protein 4,12%, laktosa 4,12%, Solid Non Fat (SNF) susu 8,4%, dan titik beku pada -0,841. Pemberian perlakuan pada pakan ternak sangat penting, umumnya terdiri dari konsentrat dan pakan hijau.

Konsentrat 40% dan pakan hijau 60%, perhitungannya adalah pakan hijau tersebut 4% dari berat total kambing. Walaupun hasil dari susu kambing Anglo Nubian masih cukup rendah (jika dibandingkan dengan Saanen), namun kualitas susunya sangat baik.

Sehingga tidak menutup kemungkinan Anda sebagai peternak Anglo Nubian membuat olahan susu maupun susu mentah dari jenis kambing ini. Jangan lupa untuk memperhatikan masa laktasi kambing betina agar produksinya bisa maksimal.


2. Daging Anglo Nubian

Kabar baiknya, dalam proses pemeliharaan kambing Anglo Nubian sangat mudah. Sebab jenis ini dapat beradaptasi dengan amat baik dan cepat di berbagai kondisi lingkungan. Bahkan lebih jauh lagi, trah persilangan yang rumit di atas menunjukkan hasil, bahwa Anglo Nubian bisa mentolerir sinar matahari langsung lebih baik daripada jenis kambing lainnya.


Terbukanya peluang bisnis untuk daging kambing Anglo Nubian selain dari faktor perawatan yang mudah tersebut, juga karena pertumbuhan kambing yang cepat. Pertumbuhannya lebih cepat daripada kambing lokal, namun kalau kita bandingkan dengan kambing Boer, Anglo Nubian masih kalah.


Harga kambing yang cukup tinggi membawa kualitas terbaik untuk dagingnya. Sasaran utama jika hendak mengambil potensi pada sektor daging adalah menyalurkan ke restoran terkemuka atau ekspor luar negeri.


3. Ternak Anglo Nubian

Inilah yang paling umum dilakukan oleh berbagai macam produsen, yaitu melakukan ternak. Baik ternak dalam bidang budidaya, pembesaran, persilangan, atau lainnya. Ternak kambing Anglo Nubian bertujuan untuk menghasilkan profit dengan cara dijual kembali. Kesempatan ternak menjadi lebih besar karena penyedia jenis Anglo Nubian di Indonesia masih sangat langka.


Hal itu karena harga kambing yang tinggi, untuk Anglo Nubian dewasa berkisar antara 25 sampai 40 juta per ekor. Sehingga untuk mendatangkan secara langsung dari luar negeri seperti Inggris dan Australia, membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.


Gibas Barokah (GB) Farm Ngawi menyediakan kambing Anglo Nubian dewasa baik jantan maupun betina. Anda dapat tanya-tanya dulu dengan kami melalui fitur chat yang tersedia. Jangan ragu konsultasikan semuanya, tentang kambing, domba, atau lainnya.


Memilih Bibit Kambing Anglo Nubian

Terlepas dari potensi dobel sebagai kambing perah dan kambing pedaging, memilih bibit berkualitas terbaik dari trah kambing Anglo Nubian sangat penting. Bagaimana cara memilih bibit kambing tersebut?

1. Keturunan Jelas

Perhatikan deskripsi atau penjelasan dari peternak sebelum memutuskan beli. Bagaimana keturunan dari kambing tersebut. Kalau fullblood murni, tentunya harganya lebih mahal, sebab masih sangat berpotensi untuk mendapat kambing Anglo Nubian F1, F2, dan seterusnya.


2. Sertifikat

Biasanya, untuk kambing kualitas super dan istimewa di rentang harga 20 juta ke atas. Terdapat sertifikat khusus dari peternak, bisa peternak luar negeri atau peternak lokal sebagai distributornya. Sertifikat ini juga menunjukkan bahwa kambing dirawat dengan amat baik.


3. Sehat dan Tidak Cacat

Melihat ciri fisik dalam memilih kambing yang baik, tentunya harus pilih yang sehat dan tidak cacat. Kesehatan bibit kambing Anglo Nubian bisa Anda lihat dari punggung yang datar, aktif, serta tegap. Faktor lainnya yaitu sehat sejak lahir atau tidak ada keturunan di atasnya yang pernah sakit dan cacat.


4. Perawatan Modern

Di zaman sekarang, tenak modern di Indonesia sudah ada cukup banyak. Kami juga menerapkan untuk berbagai jenis kambing dan domba. Sehingga kualitasnya terjamin, sejak kedatangannya dari luar negeri sampai perawatan dan adaptasi dengan lingkungan di Indonesia.


5. Konsultasi dengan Peternak Profesional

Hal terakhir sebelum menentukan pilihan pada bibit kambing Anglo Nubian adalah konsultasi dulu dengan peternak. Tujuannya supaya mendapat hasil sesuai dengan angan-angan Anda selama ini. Kami dengan senang hati akan memberi informasi dan apa saja yang Anda butuhkan supaya yakin.


Jika perlu, kami beri rekomendasi sampai diskon untuk pemesanan tertentu. Kualitas kambing Anglo Nubian memang tidak perlu kita ragukan, ibaratnya kambing ini sudah all in one. Bisa menghasilkan susu yang masih lumayan, daging berkualitas, perawatan sangat mudah, ukuran jumbo, dan berbagai kelebihan lainnya.



Demikian informasi tentang jenis kambing Anglo Nubian yang punya segudang potensi. Dapatkan Anglo Nubian berkualitas super di GB Farm. Jangan ragu menghubungi kami melalui media sosial maupun datang langsung ke peternakan kami.

#goat #kambinganglonubian #anglonubian #anglo #ternakkambing #nubiangoat #kambingetawa #peternakankambingboer #susukambing #nubianstok #kambingsaanen #kambingperah #jeniskambingperah #nubiangoat #kambingnubian #cirikambinganglo