Harga Kambing Boer Berkualitas 2024

Kambing Boer merupakan jenis kambing pedaging yang sudah sangat terkenal dikalangan para peternak di Indonesia. Meski demikian Kambing Boer ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Afrika Selatan. Namun nama Boer itu sendiri berasal dari Bahasa belanda yang artinya petani, sebab peternak belanda yang awal mulanya beternak kambing boer ini di Afrika Selatan. kambing ini begitu popular, terkenal dengan sifatnya yang ramah dan lucu.

Perawakannya yang bisa dibilang gagah seperti kambing yang siap dibawak ke medan pertempuran. Badannya yang besar dan kekar menjadikannya seperti raksasanya para kambing. Mamalia ini sangat jinak, aman jika berdekatan dengan anak – anak dan sangat mudah sekali merawatnya. Daya tahan tubuh yang kuat membuat kambing ini sangat sulit terkena penyakit. Kambing boer dapat bertahan disuhu sangat dingin yaitu suhu dibawah -24 °C dan suhu panas diatas 42 °C, sehingga cocok dibudidayakan di berbagai daerah.

Kamu akan sangat mudah mengenali Kambing Boer ini karena karakteristiknya yang khas. Dimulai dari bentuk tubuh yang besar, panjang dan lebar, kebanyakan tubuhnya ini dibaluti kulit dan bulu berwarna putih. Kambing ini memiliki kepala yang unik yaitu identik dengan warna coklat kemerahan, telinga yang menggantung panjang, dan hidung cembung. Kambing Boer ini mmiliki kaki yang pendek besar. Bulu dan kulit yang berwarna coklat dibagian kepala berfungsi sebagai pelindung dari terik matahari langsung yang dapat mengakibatkan kanker kulit karena salah satu sifat Kambing Boer ini sangat suka bermain dan berjemur dipadang rumput yang luas. Kambing Boer ini salah satu kambing yang tahan dalam kondisi apapun, pandai beradaptasi disegala kondisi seperti di bebatuan lereng gunung, hutan semak belukar, padang rumput. Makanan favorit Kambing Boer adalah dedaunan.


kambing boer dewasa

Pesan Sekarang


Kambing Boer berjenis kelamin jantan memiliki ciri fisik tubuh yang kokoh dan kuat, mulai dari Pundak hingga kebelakang dipenuhi daging dan otot. Sebagai induk yang unggul Kambing Boer jantan ini dapat mengawini 30 hingga 40 betina dan bisa kawin disetiap bulan. Pejantan mulai aktif kawin pada usia sekitar 7 hingga 8 bulan. Sehingga putaran garis keturunannya sangat cepat. Sedangkan Kambing Boer betina dibagian kepala dan leher tampak lebih ramping. Induk betina yang unggul mulai bisa dikawinkan pada usia 10 – 12 bulan, sesuai dengan bobotnya. masa kebuntingan 5 bulan dan dalam kurun waktu 2 tahun, induk betina mampu melahirkan hingga 3 kali. Selama hidupnya diperkirakan bisa melahirkan 6 kali hingga 12 kali karena masa produktifnya bisa sampai 5 hingga 8 tahun.

Harga kambing boer tebilang cukup mahal, harga satu kambing boer F2 dewasa bisa menyentuh harga antara  Rp. 9 juta sampai dengan Rp. 12 jutaan dalam jangka usia 1 tahun sampai 2 tahun. Sangat menggiurkan bagi kamu yang ingin memulai bisnis peternakan kambing. Kambing Boer ini sangat ramai dibeli karena memang kuantitas dari daging banyak dari pada kambing pada umumnya, Rajanya Daging bisa kata yang patut diberikan kepada Kambing Boer ini. Harga sesuai dengan Kualitas dari jenis kambing pedaging.

 

Pada musim Qurban Kambing Boer seri F ini sangat diminati oleh beberapa kalangan untuk berqurban, karena daging yang di dapatkan sangatlah banyak dan Kambing Boer ini salah satu jenis kambing terbaik untuk berqurban. Pada musim Qurban harga Kambing Boer F2 jantan  akan tembus hingga Rp. 12 juta per ekor, harga yang begitu tinggi untuk kambing pedaging pada umumnya. Daging yang dihasilkan dari kambing ini isa mencapai 40 – 50% dari berat badannya.


Harga Kambing Boer Fullblood

No

Umur kambing Boer

Harga (Rp)

1

Kambing Boer Fullblood (umur 6 - 8 bulan)

Rp. 30.000.000

2

Boer Fullblood Dewasa (umur 13 bulan Up)

Rp. 35.000.000

 

Selain itu, memang tujuan utama peternakan Kambing Boer ini untuk produksi daging, memenuhi kebutuhan pasar terhadap permintaan daging. Permintaan pasar terhadap Kambing Boer ini selalu ada karena kuantitas dan kualitas dagingnya sangat digemari oleh para konsumen. Sangat disarankan untuk kammu yang ingin memulai bisnis peternakan kambing yang fokus menghasilkan daging untuk memilih Kambing Boer ini untuk diternakkan. Hasil putarannya yang cepat dan nilai jual yang tinggi.



Kambing Boer memiliki postur badan yang sangat unik yaitu memanjang. Bagaimana seorang peternak tidak tertarik dalam melakukan bisnis peternakan kambing boer? Apalagi di dalam perawatan dan pemberian asupan makan yang ditambah akan mempercepat penggemukan kambing boer. Membudidayakan kambing Boer ini terbilang mudah, hanya perlu menjaga porsi pakan dan Kesehatan lingkungan. Pertumbuhan kambing boer ini terbilang cepat karena baru berusia sekitar 5 – 6 bulan bobotnya sudah mencapai 35 – 45 kg.  


Kambing Cross Boer

Kambing Cross Boer merupakan hasil perkawinan silang antara Kambing Boer dan kambing lokal yaitu kambing jenis  jawarandu, PE, maupun kacang. Perkawinan silang antara Kambing Boer dengan kambing lokal bertujuan agar dapat memperbaiki produktivitas ternak kambing dan meningkatkan  produksi daging. Berat badan merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan nilai ekonomi dalam usaha peternakan sehingga para peternak dapat menentukan jumlah produksi daging dan harga jual untuk memperhitungkan keuntungan yang diperoleh. Ada beberapa jenis kambing hasil perkawinan silang dari kambing cross boer yaitu

  1. Kambing boerja yaitu hasil perkawinan silang antara kambing boer jantan dengan kambing jawa betina.
  2. Kambing boerawa yaitu hasil perkawinan silang antara kambing boer jantan dan kambing etawa betina.

 

Indukan Kambing boer yang produktif  memiliki berat kisaran sampai 80 kg, sedangkan kambing jawa memiliki bobot kisaran sampai 25 kg, kambing boerja dan boerawa memiliki bobot antara 35-45 kg, perkawinan silang telah di lakukan di beberapa tempat seperti bojonegoro, blitar, malang, dan trenggalek. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dari pemerintah setempat, dimana gubernur mendorong program ini agar dapat membantu masyarakat dalam membudidayakan kambing  di Indonesia.salah satu peternak tradisional di Jawa Timur mengaku meneruma pesanan dari rumah makan dan beliau pernah menjual  kambing boerwa hingga 300 ekor ke daerah Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Salah satunya peternakan agriranch yang fokus dalam pembibitan kambing boerja dan boerwa. Peternakan agriranch berlokasi di Karangpoloso, Malang, Jawa Timur.

 

Selain itu pada tahun 2005 di ciawi tepatnya di balai peternakan ciawi telah dilakukan penelitian tentang perkawinan silang terhadap kambing jantan boer dan kambing betina lokal. Peningkatan produktivitas kambing lokal melalui perbaikan mutu genetik dengan cara malakukn perkawinan silang antara pejantan unggul seperti kambing Boer memberikan peluang yang cukup besar. Pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan bobot lahir sekitar 15,6% dibandingkan dengan kambing PE. Selain itu, perkawian silangkedua jenis kambing ini dilakukan oleh tim inventor dari Loka Peneltian Kambing Potong, di  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian. Penelitian yang sudah banyak dilakukan memperoleh hasil yang sangat bermanfaat bagi peternakan  kambing boer di Indonesia, oleh karena itu beberapa keunggulan dari peranakan kambing boer atau yang disebut kambing cross boer adalah sebagai berikut:

 

  1. Kambing cross boer memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, rata-rata berat lahir berkisar pada 2,2 – 2,8 kg per ekor, kemudian di umur 6 bulan mengalami pertumbuhan bobot sampai dengan 16 - 20 kg per ekor , sedangkan bobot satu ekor kambing cross boer jantan di umur 12-18 bulan mampu mencapai 26 – 36 kg per ekor.
  2. Reproduktivitas  kambing boerka tinggi, kambing cross boer mampu melahirkan anak sampai 3 kali dalam jangka 2 tahun dengan jumlah anak 1 atau 2  ekor pada setiap kelahiran  per induk. Kambing cross boar mampu beradaptasi dengan lingkungan kondisi tropis basah di daerah dataran rendah.

 

Keunggulan kambing cross boer mempunyai potensi untuk dikembangkan oleh peternak tradisional dan komersial. Hal ini dapat menambah pengetahuan serta membantu masyarakat dalam membudidayakan kambing cross boer, sehingga masyarakat dapat meningkatkan produktivitas. Peternak juga akan dapat menentukan harga jual kambing cross boer di pasar nasional maupun internasional. rata-rata harga jual dari kambing cross boer di pasaran adalah Rp 80 rb per kg.


Beternak Kambing Boer


kambing boer afrika


Lahan dan kandang

Untuk lokasi dan kondisi lahan tidak terlalu susah karena kambing boer ini mudah beradapatasi disegala kondisi, namun tetap luas menyesuaikan dengan kebutuhan. Lahan dan kandang jangan ditempat yang sulit sinar matahari, jauh dari pemukiman dan tidak banjir jika curah hujan tinggi. Disarankan sistem kandang terkoleksi untuk menjaga Kesehatan dan memudahkan membersihkan kotoran kambing.

 

Bibit

Dalam memilih bibit maupun induk yang akan dijadikan sebagai penerus atau penghasil anak – anak kambing selanjutnya. Spesifikasi unggulan yaitu kambing sehat dan memiliki tubuh yang ideal serta kuat. Masa yang baik untuk indukan adalah 6 – 7 bulan ke atas.

 

Pakan

Dalam memberikan pakan, kambing boer sama dengan kambing lainnya menyukai daun – daunan hijau seperti daun nangka. Untuk porsi makananya bisa 10% hingga 15% dari bobot kambing tersebut. Selanjutnya pemberian pakan tambahan untuk membantu menambah nutrisi agar mempercepat pertumbuhan kambing tersebut, bisa olahan dari pabrik maupun olahan pribadi dengan takaran protein sebesar 16%. Selanjutnya kambing boer dapat minum 1,5 liter sampai 2,5 liter air dalam sehari dan untuk Kesehatan air sebaiknya diganti setiap hari.

 

Perawatan dan Pengembakbiakkan

Perawatan tidak terlalu sulit karena kambing boer memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan jarang terkena penyakit. Namun, tetap saja kesehatan tetap harus diperhatikan untuk menghasilkan kambing yang berkualitas. Selalu rutin menyemprotkan desinfektan di kandang.

 

Selanjutnya fase perkembangbiakkan harus tetap dikontrol untuk mendapatkan hasil yang unggul, jika digabungkan atau dibiarkan sendiri maka bisa jadi jantan yang unggul tidak kawin dengan betina yang unggul, sehingga anaknya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan

 

Itulah beberapa keunggulan dari kambing Boer dan harga jual saat ini yang dapat dijadikan sebagai refesensi bagi para peternak pemula yang ingin memulai menjalankan bisnis peternakan. Jika dirawat dengan baik maka akan mendapatkan keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat!

#hargakambingboer #kambingboer2023 #hargakambingboerfullblood #kambingboeraustralia #kambingboerimpor #hargakambingboerimpor #kambingboerafrika #kambingafrika